Bajakah Kalbar Satu

[Opini] Apa Itu G 20

Informasi penting ekonomi dunia Digital,Pergerakan Pena -G-20 merupakan singkatan dari The Group of Twenty atau kelompok 20 ekonomi utaman dari 19 negara dengan uni eropa. (Finance Ministers and Central Bank Governors) atau kelompok dua puluh menteri keuangan dan Gubernur Bank Sentral.

Kelompok tersebut dibentuk pada tahun 1999 sebagai forum untuk menghimpun kekuatan-kekuatan ekonomi maju dan berkembang guna membaahas isu-isu penting dan strategi yang secara sistematis terhadap perekonomian dunia.

Jenis G-20 tersebut adalah forum konsultasi dari 20 negara dengan tujuan mewadahi negara-negara industri dan berkembang secara bersama-sama mendiskusikan berbagai problem kunci di bidang ekonomi dunia (world economic).

Baca juga:Politik Identitas Dalam Konteks Sosial

G-20 sebagai forum ekonomi lebih banyak menjadi ajang konsultasi dan kerja sama dala hal yang berhubungan dengan sistem moneter internasional. Pertemuan yang teratur untuk mengkaji, (discussion), meninjau (controlling) dan mendorong (motivation).

Domisili atau kantor pusat G-20 selalu berpindah-pindah. Sedangkan wilayah pelayanan G-20 dari berbagai belahan dunia. Antara salah satunya Indonesia termasuk di dalamnya. Dalam pertemuanya biasa disebut Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20. Pertemuan yang baru diselenggarakan di kota Hamburg, Jerman.

1 Response to "[Opini] Apa Itu G 20"

Iklan Atas Artikel

Pasang iklan di Kalbar Satu

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Bajakah Kalbar Satu